ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Rabu, 26 Juni 2024

IPAD RESMI TERMURAH SAAT INI, BUKAN SEJUTAAN! - Apple iPad 9th

Oleh Aulia Intan pada Rabu, 26 Juni 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas iPad garansi resmi, kondisi baru, dan masih dapat update sampai saat ini, yaitu iPad 9. Btw saya beli iPad ini di Tokopaedi dengan harga 4 jutaan dan kebetulan sedang ada promo ketika saya membeli iPad nya, yang pasti harga iPad ini masih dibawah 5 jutaan walaupun tidak ada promo.


Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit iPad, kertas-kertas panduan singkat, dan masih dapat 2 tempelan logo Apple kroak. Lanjut, saya dapat kabel usb type-c to lightning, adaptor atau charger type-c dengan output 20W yang menurut saya cukup berharga untuk sekarang. Kalian juga pasti tau lah ya kalau sekarang beli iPhone tidak dapat charger lagi, dan charger yang ori ini harganya lumayan juga.

Untuk warnanya saya pilih yang warna space gray, selain itu ada juga yang warna silver. Kalau untuk finishingnya seperti biasa yaitu doff dan masih terasa solid karena menggunakan bahan alumunium. Secara bentuk designnya masih mirip-mirip dengan seri iPad basic dibawahnya atau beberapa seri iPad lain yang lebih lama. 


Saya akan jelaskan penampakan dari HP ini, untuk dibagian depan terdapat layar 10,2inch, lalu diatasnya ada kamera depan 12MP dan dibawahnya ada tombol home yang sekaligus fingerprint scanner. Kemudian dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume, dan dibagian sisi kiri ada konektor untuk smart keyboard. Kalau untuk dibagian sisi bawah ada 2 lubang speaker dan lubang lightning, sedangkan dibagian sisi atas ada lubang jack audio, microphone, dan tombol power. Untuk dibagian belakang ada kamera 8MP, secondary microphone, logo Apple kroak, dan tulisan iPad. Oh iya dibagian belakangnya juga ada kayak stiker made in China, tapi bukan berarti ini iPad KW. Memang bawaannya seperti itu, tenang saja masih bisa dilepas juga kok.


Setelah saya coba cek ke setting, ternyata walaupun iPad 9 ini sudah lama dirilis, tapi kalau belinya sekarang dapatnya yang sudah terupdate ke iPad OS 17.0.3. Jadi tidak seperti ketika pertama kali dirilis, yaitu masih menggunakan iPad OS 15, kecuali stok yang lama. 

Untuk kapasitasnya saya beli yang storage 64GB karena saya pilih varian yang paling murahnya juga, dan untuk sisanya sekitar 48GB, sudah terpakai sekitar 15GB. Walaupun tidak lega-lega banget, tapi masih mending dibandingkan dengan storage 16GB. Tapi iPad ini wifi only, jadi tidak bisa menggunakan kartu sim untuk jaringan internetnya. Kalau untuk fungsi-fungsi lainnya sudah bisa dipastikan aman lah, karena ini kan unit baru jadi tidak ada kendala. 


For your information, iPad 9 dirilis sekitar tahun 2021, walaupun sudah cukup lama tapi masih diproduksi dan dijual secara resmi. iPad 9 menjadi seri iPad terakhir yang designnya punya bezel atas bawah yang tebal, ada tombol home, sisinya masih membulat, dan varian warnanya masih sedikit. Kalau dibandingkan dengan iPad sejutaan yaitu iPad Air 2 memang mirip, tapi yang iPad 9 ini lebih besar, lebih tebal, dan lebih berat juga.

Kemudian barulah di iPad 10 yang rilis tahun 2022 ada perubahan dalam bentuk designnya, kalau untuk sekarang harganya beda sekitar 2 jutaan rupiah untuk yang sama-sama varian terendah dan wifi only. Btw sebenarnya kalau mau beli iPad yang wifi only apalagi budgetnya terbatas bisa pilih yang garansi inter, soalnya tidak akan ngaruh ke jaringannya dan dapat unit yang sama-sama bagus juga. Tapi kalau sudah saklek pengen beli yang resmi ya silahkan, saya hanya memberikan saran saja.


Untuk spesifikasinya, iPad 9 menggunakan chipset Apple A13 Bionic, RAMnya 3GB, internal ada yang 64GB dan 256GB, menggunakan Apple GPU yang sudah Quad-core graphics, OS bawaan nya iPadOS 15 yang bisa diupdate ke iPadOS 17, dan untuk baterainya 8557mAh. Chipset yang digunakan di iPad 9 sama dengan iPhone 11 yang dirilis sekitar tahun 2019, jadi secara performa mungkin tidak jauh beda, tapi memang iPad 9 punya RAM yang lebih kecil.

Untuk score benchmarknya menggunakan Antutu dapat sekitar 840 ribuan, sedangkan untuk geekbench6 dapat 1737 untuk single core, dan 4061 untuk multicorenya. Walaupun begitu, iPad 9 jadi seri iPad resmi termurah dan dari segi performa sebenarnya masih oke kalau dipakai untuk kebutuhan produktivitas yang menengah untuk sekarang. 

Secara multitaskingnya memang tidak bisa yang extream banget, tapi kalau untuk sekedar split view atau slide over masih bisa dijabanin kok, tenang saja. Sekedar informasi, performa iPadOS 17 masih lumayan optimal untuk dijalankan di iPad 9. Kalau untuk kebutuhan seperti untuk membantu belajar pastinya masih banyak aplikasi yang support, untuk ngetik-ngetik sudah bisa menggunakan Apple Smart Keyboard atau kalau kemahalan bisa menggunakan yang thirdparty nya saja. 

Kalau untuk gambar-gambar sudah support Apple Pensil generasi pertama yang masih lightning, atau kalau yang terbatas budgetnya bisa beli yang universal. Hanya saja memang kalau saya lihat-lihat di iPad 9 ini masih ada gap dilayarnya, wajarlah namanya juga seri basicnya dari iPad yang murah, tapi tidak masalah juga sih kalau sudah biasa.

Sedangkan kalau untuk edit-edit video saya coba menggunakan capcut masih cukup lancar, video full HD dengan durasi sekitar 10 menit bisa dirender sekitar 4 menit. Btw untuk menikmati konten multimedia sudah enak, layarnya lebar dan kualitas gambarnya juga sudah bagus. Untuk keluaran suaranya, speaker iPad memang oke, pokoknya kalau untuk nonton-nonton di iPad 9 sudah puas.


Nah kalau untuk main game sebenarnya masih kuat kok untuk memainkan beberapa game, tapi kalau yang sudah berat banget pasti butuh penyesuaian untuk settingannya, belum yang kayak ngelibas habis semua game mentok kanan gitu ya wkwkwk. Tapi sudah saya coba untuk main mobile legend bisa dapat settingan di ultra framerate high, dengan performa yang masih lancar jaya.

Tapi sayangnya untuk game memang terbatas dengan penyimpanannya, karena game-game zaman sekarang kebanyakan yang berat dan ukurannya besar-besar. Sedangkan untuk iPad ukuran 64GB sudah agak nyesek karena sudah dipakai untuk sistem bawaaan, untuk data-data, atau aplikasi lainnya, jadi performa oke tapi harus pilih-pilih lagi. 


Sebenarnya untuk masalah storage selain bisa diakalin menggunakan layanan cloud untuk data-datanya, bisa juga menggunakan tambahan storage external. Hanya saja agak terbatas dan butuh alat tambahan, karena iPad 9 ini masih menggunakan lubang lightning. Jadi perlu alat yang namanya OTG lightning ke usb dan butuh yang namanya flashdrive atau flashdisk, setelah itu tinggal colok dan pindahin saja data-datanya. 

Cara itu memang bisa menekan budget, tapi ada keterbatasannya yaitu maksimal flashdisk yang dipakai ukurannya 128GB dan tidak bisa menggunakan hardisk external. Kalau mau lebih besar bisa menggunakan semacam flash drive khusus yang sudah lightning, cuma harganya mahal juga. Jadi lagi-lagi harus lebih bijak untuk masalah storage, khususnya yang ukuran 64GB, sayangnya di iPad 9 hanya punya 2 varian storage, yaitu 64GB dan 256GB. Menurut saya agak jomplang, tidak ada yang varian 128GB dan harganya pun bedanya bisa sampai 2 jutaan rupiah.


Untuk baterainya iPad 9 masih terhitung awet, screen on time pemakaian saya bisa dapat sekitar 8 jam, kalau pemakaian yang tidak begitu intens atau lebih banyak standby bisa kuat sekitar 3 harian atau bahkan lebih. Kalau untuk main game, mobile legend 1 match selama sekitar 15 menit baterainya berkurang 4%. Untuk masalah panasnya saya rasa tidak begitu berlebihan banget, saya sudah coba tanpa menggunakan case masih wajar lah panasnya. Ketika dipakai untuk yang berat seperti main game, menurut saya tidak begitu mengganggu. Kalau untuk ngecharge, dari 20% sampai full sekitar 3 jam.

Saya rasa untuk yang sedang mencari iPad yang aman, dengan kondisi baru, resmi, dan saat ini masih dapat update versi terbaru, iPad 9 ini bisa dijadikan pilihan. Mengingat harganya yang terjangkau, performanya masih oke dan untuk kebutuhan sekolah, gambar atau multimedia lainnya juga masih bisa mencukupi.


Oke jadi itulah pembahasan untuk iPad garansi resmi, kondisi baru, dan masih dapat update sampai saat ini, yaitu iPad 9. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 

logoblog

Terimakasih sudah membaca IPAD RESMI TERMURAH SAAT INI, BUKAN SEJUTAAN! - Apple iPad 9th. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar