ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Minggu, 07 Juli 2024

BELI PS5 YANG HARGANYA MAKIN TURUN DI TAHUN 2024! - Console Game Sony PlayStation 5 Resmi Indonesia

Oleh Aulia Intan pada Minggu, 07 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas konsol game yang sudah dirilis sekitar 3 tahun lalu yaitu Sony PlayStation 5. Btw PS5 yang saya beli ini versi fat disk dengan garansi resmi Sony Indonesia dan harganya sekarang sudah turun, kalau di Tokopaedi harganya sekitar 8 jutaan rupiah. Saya inget banget ketika awal-awal PS5 dijual ada yang harganya sampai 20 jutaan, efek gorengan ya guys wkwkwk.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit PS5, gamepad/stik/dualsense sama saja lah ya, dapat kabel usb type-c untuk menyambungkan atau ngecharge dualsensenya, lalu dapat kabel hdmi, stand holder stik, dan kabel power yang tidak perlu converter lagi kalau yang resmi. Kemudian ada banyak kertas-kertas yaitu kartu garansi dan cara klaimnya, tentang keselamatan, lalu dapat kertas petunjuk penggunaan yang menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Lanjut saya akan jelaskan bentuk dari PS5 ini, untuk dibagian depan hanya ada logo PS, dibagian sisi depan ada tombol power, tombol eject disk, lubang disk game, lampu indikator, lubang type-c dan usb a, serta ada kayak lubang fentilasinya. Kemudian dibagian sisi atas atau sisi kanannya kosong, sedangkan untuk dibagian sisi bawah atau sisi kirinya ada tulisan-tulisan dan untuk model unit yang saya dapat ini CFI-1218A. 

Untuk dibagian belakang ada lubang power, HDMI, LAN, dan dua lubang usb-a. For your information, PS5 ini selain berat ternyata ukurannya besar juga. Dari beberapa PS yang sudah saya coba, PS5 ini design nya lebih rumit atau banyak bentuk-bentuk lekukannya, tapi tetap keren kok. Untuk finishing bodynya ada bagian yang glossy untuk sisi-sisinya, ada juga yang doff yaitu covernya dan covernya juga bisa diganti-ganti tapi harganya lumayan juga. Nah kalau untuk stiknya hanya dikasih satu dari bawaannya, jadi kalau mau tambah stik bisa beli sendiri karena dijual terpisah, dan sudah pasti dualsense cukup banyak tambahan fitur dan teknologi barunya.

Ternyata menunya lebih keren kalau dibandingkan dengan PS4, iconnya lebih kecil dan setiap menu punya backgroundnya, cakep deh pokoknya. Untuk versi sistem softwarenya dapat yang 07.40 ketika belum diupdate, tapi setelah saya coba update jadi versi 09.00 untuk yang terbaru saat ini. Kalau untuk penyimpanannya dalam kondisi baru atau kosong tidak ada game, dari 825GB yang bisa dipakai sekitar 667GB, jadi untuk sistem kena sekitar 158GB dan untuk sisanya sekitar 659GB.

Kemudian untuk game bawaan sebenarnya ada satu game yaitu astro's playroom, btw ini termasuk game eklusif di PS5 dan dari infonya kalau main game ini tuh benar-benar mengeluarkan potensi fitur yang ada di dualsense. Setelah saya coba memainkan beberapa game yang mungkin bukan game-game yang populer dan kekinian di PS5, tapi ini sudah terasa wah banget. Mulai dari performa, grafik, sampai controllernya juga sudah terasa banget peningkatannya, keren! Macam haptic feedback dan adaptive triger yang bikin pengalaman bermain lebih terasa hidup dan makin asik. 

Oh iya sebenarnya kita bisa menggunakan dual shock 4 atau stik untuk PS4 di PS5 ini, tapi hanya bisa digunakan untuk main game PS4 saja. Kalau game PS5 tidak bisa dimainkan menggunakan stik PS4, jadi mau tidak mau untuk main multiplayer game PS5 harus beli lagi stiknya yang harganya lumayan. Untuk performa sistemnya juga menurut saya sudah oke, jelas lebih gesit dari gen sebelumnya seperti untuk buka tutup game, loading gamenya, atau sekedar menjelajah UInya. Btw untuk masalah tampilan, karena saya main dimonitor standar yang maximal full hd, jadi belum bisa membuktikan klaim 4K keatasnya.

Untuk gamenya kita bisa dapatkan dari PlayStation store untuk versi digitalnya dan harganya juga bervariasi, mulai dari yang puluhan ribu sampai yang jutaan, tapi yang gratis juga ada walaupun tidak banyak dan rata-rata game yang ada diplatform lain. Jadi memang game gratis, tapi kan lumayan saja karena masih ada yang dimainkan kalau belum ada duit untuk beli gamenya.

Opsi lainnya yaitu selain beli kita juga bisa berlangganan PlayStation Plus, kita bisa puas main banyak game yang berbayar dengan paket langganan dan ada tiga tipe yang bisa disesuaikan kebutuhannya. Kemudian untuk gamenya di PS5 ini banyak juga yang dari game PS4, entah yang versi upgrade ataupun game bawaan original PS4, karena PS5 ini mendukung backward compatibility untuk game-game PS4. Bahkan game fisik PS4 juga bisa dimasukin ke PS5. 

Kalau untuk judul game PS3 atau PS2 juga sebenarnya ada, tapi rata-rata versi upgrade atau memang game khusus yang berlangganan dan tidak terlalu banyak juga. Kemudian untuk yang nanya ukuran gamenya, jawabannya tergantung gamenya juga, karena ada yang ratusan MB, puluhan giga, bahkan sampai ratusan gigapun ada. Jadi buat yang bukan sobat wifi atau internet unlimited, wah kayaknya coba dipikirkan lagi deh walaupun memang game digital lebih murah. 

Nah yang saya suka dari PS, walaupun kita beli game digital atau dari langganan sekalipun ketika mau masuk game tidak perlu harus online, jadi full offline pun bisa kalau gamenya sudah terdownload dan memang ada fitur offline di gamenya. Apalagi kalau game fisik lebih enak, tinggal beli gamenya, kemudian copy data dan setelah itu bisa langsung dimainkan gamenya. Btw saya sudah coba game fisik PS4 yang waktu itu saya beli yaitu watch dogs legion dan ternyata memang bisa dimainkan dengan lancar, bahkan dapat update ke versi PS5nya. 

Oh iya, untuk penyimpanan di PS5 sebenarnya masih bisa diupgrade dan tidak khusus banget menggunakan alatnya, karena di PS5 ini kita bisa menggunakan SSD M.2 NVMe ukurannya mulai dari 2230 sampai 22110 dan kapasitasnya 250GB sampai 8TB. Produknya juga banyak dijual, dari yang murah sampai yang mahal tapi disarankan punya speed yang kencang. Kalau ingin menggunakan ssd external juga sebenarnya bisa, tapi game yang bisa disimpan dan dimainkan langsung dari penyimpanan external khusus game PS4 saja, sedangkan kalau  game PS5 harus disalin lagi atau disimpan ke penyimpanan internalnya.

Lanjut saya bahas tentang fitur lain selain main game, ternyata di PS5 ini bisa untuk menonton video atau mendengarkan musik, tapi khusus streaming saja seperti diaplikasi youtube, netflix, atau spotify. Masih mirip seperti di PS4, tapi fitur browser untuk browsing di internetnya tidak ada di PS5, mungkin untuk mencegah atau meminimalisir celah disistemnya, karena mungkin sudah ada pengalaman di PS4. Walaupun begitu tetap saja ada celahnya, tapi tentunya lebih minim.

Untuk PS5 sebenarnya sudah ada yang bisa di jailbreak atau menggunakan custom firmware. Tapi baru bisanya dibeberapa versi sistem yang lama, kalau tidak salah di versi 4.51 atau dibawahnya. Bahkan ada juga metode lain lewat blueray disknya, itu juga khusus dibeberapa model mesin PS5 tertentu saja setau saya. Selain itu karena masih susahnya juga, dipasaran belum banyak yang jual PS5 yang sudah dijailbreak atau menggunakan CFW, kalau pun ada wah harganya pasti gila-gilaan, dan sayangnya di unit yang saya punya ini tidak bisa dioprek, karena sistemnya sudah lebih tinggi dan model unitnya juga bukan yang lama.

PS5 ini menurut saya memang keren sih, apalagi kalau dari dulunya sudah suka PS. Memang ada alternatif yang lebih terjangkau macam Xbox, tapi tidak tau kenapa saya lebih condong ke PS, padahal Xbox juga banyak kelebihannya, tapi PS4 juga sebenarnya masih oke untuk dijadikan alternatif lain. Untuk beberapa game yang ada di PS5 saya rasa masih banyak dari PS4 kecuali memang eklusif, hanya dari segi fitur dan teknologinya saja yang lebih mantap di PS5 ini, dan untuk kedepannya juga dimana masa hidupnya masih lumayan panjang. Jadi yaudah kalau budgetnya ada, gas saja lah beli PS5 mumpung harganya sudah turun. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk konsol game Sony PlayStation 5 di tahun 2024 ini. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca BELI PS5 YANG HARGANYA MAKIN TURUN DI TAHUN 2024! - Console Game Sony PlayStation 5 Resmi Indonesia. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar