ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Jumat, 05 Juli 2024

COBA BELI & BONGKAR HP OPPO YANG HARGANYA MURAH BANGET! - OPPO A3S

Oleh Aulia Intan pada Jumat, 05 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP Oppo yang harganya murah banget tapi speknya agak-agak mencurigakan, yaitu Oppo A3S. Sebenarnya tipe ini sudah tidak diproduksi secara resmi, tapi kalau ditoko online masih banyak banget yang jual dengan embel-embel kondisi baru garansi distributor atau toko. Btw saya beli HP ini lewat Shoppink dengan harga 500 ribuan, harga segitu mungkin bisa dianggap murah, tapi kita lihat dulu nih kenapa harganya bisa segitu.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP, sim ejector, softcase, dan dapat kertas panduan singkat yang berbahasa Inggris. Kemudian dapat kabel yang masih micro usb, earphone, dan charger atau adaptor dengan output 5V-2A. 

Lanjut, saya akan jelaskan bentuk dari HP ini, untuk dibagian depan ada layar 6,3inch dan modelnya sudah poni bonus pelindung juga, lalu diatasnya ada earpice, sensor dan kamera 8MP, kalau dibawahnya kosong. Kemudian dibagian sisi kanan ada tombol power, sedangkan dibagian sisi kirinya ada tombol pengatur volume dan ada sim tray yang modelnya triple slot dan tidak hybrid. Kalau dibagian sisi bawah ada perlubangan yaitu jack audio, microphone, micro usb, dan speaker, sedangkan dibagian sisi atasnya kosong.

Kalau untuk dibagian belakang ada 2 kamera yaitu 13MP dan 2MP, lampu flash, dan ada tulisan Oppo. Kalau saya lihat-lihat masih okelah, secara kondisi masih mulus, kinclong, bahannya plastik, dan finishingnya glossy. Tapi HP ini tetap ada minusnya juga, yaitu tombol powernya kendor dan sebenarnya saya pesan warna biru tapi yang dikirim warna hitam, tapi yaudahlah tidak masalah. 

Setelah saya nyalakan HPnya, dibagian setup saya pilih bahasa Inggris tapi kenapa ketika masuk menu tetap menggunakan bahasa Indonesia, aneh banget kan masa harus diubah lagi sih disettingannya. Saya juga sudah coba masukkin kartu sim, tapi yang muncul malah "peringatan SIM 1 sedang di mode roaming dan harus hidupkan roaming data untuk mengaktifkan koneksi data atau internetnya". Tapi memang setelah saya aktifkan roaming datanya, sinyal dan jaringan 4Gnya muncul dan bisa digunakan untuk sms, telepon atau data internet.

Saya juga sudah coba cek imeinya, untuk yang di box dan di HP masih sama, tapi kalau saya cek di web imei.info yang muncul adalah HP Oppo F9 Pro. Jadi untuk imei di HP ini sudah suntikan atau menggunakan imei dari HP lain, supaya HP ini bisa muncul sinyal dan jaringannya, waduh kok gitu ya.

Lanjut, saya cek ke tentang ponsel yang ada di pengaturan, HP ini modelnya CPH1803, nah kalau ini benar sih model untuk A3S. Kemudian HP ini menggunakan colorOS versi 5.2.1 dan versi Androidnya 8.1.0 atau Android Oreo dengan patch keamanan di 5 Agustus 2020. Untuk storagenya tersedia 114GB dari total 128GB, dan dari keterangannya sudah terpakai sekitar 761MB.

Sedangkan untuk RAMnya 6GB tapi kalau lihat dari opsi pengembang, untuk sistem 1,5GB, aplikasi 526MB, dan bebasnya 0.93GB. Sudah mulai mencurigakan guys wkwkwk. Untuk aplikasi bawaan memang tidak yang terlalu banyak banget, bahkan google juga bawa rombongannya sedikit. Hanya saja memang tidak ada yang bisa diuninstall langsung.

HP Oppo A3S sudah dirilis sekitar tahun 2018, dan HP ini di zamannya saya rasa lumayan banyak juga peminatnya, mungkin karena kena genjutsu wkwkwk. Waktu itu HP ini dibandrol dengan harga sekitar 2 jutaan rupiah, saya rasa masih tetap terasa kemahalan kalau untuk merek ini. Sebenarnya yang masuk resmi ke Indonesia yaitu varian yang 3/32GB, bukan yang 2/16GB atau 4/64GB. Nah yang ini kenapa bisa ada 6/128GB, apa iya beneran diupgrade? Soalnya saya cek di aplikasi macam HWID/AIDA64/CPU-Z yang terdeteksi hanya yang RAM 3GB dan internal 64GB.

Jadi saya coba buktikan lebih dalam lagi, seperti biasa saya coba cek dulu lewat ADBnya menggunakan PC. Nah setelah di cek jadi terlihat kalau RAM aslinya 2,8GB sekian, bisa dibilang 3GB dan internalnya disini kelihatan untuk medianya 53GB sekian, jadi bisa bilang juga 64GB. Saya juga coba cek lagi dengan cara masukkin file lebih dari 38GBan, ternyata masih bisa. 

Jadi setelah saya cek speknya, HP ini menggunakan RAM 3GB, internalnya 64GB, chipsetnya Snapdragon 450, Octa-core 1.8 GHz, GPUnya Adreno 506, layarnya 6.2inch IPS HD+, baterainya 4230 mAh, dan OSnya Android 8.1. Tapi saya masih belum yakin sepenuhnya, karena variannya tidak ada dilist dan bisa jadi ada beberapa hal yang disembunyikan atau diubah tanpa saya sadari, jadi kalau ada yang punya info tambahan boleh komentar ya.

Untuk skor benchmarknya menggunakan Antutu, HP ini dapat skor 127 ribuan dan untuk kecepatan storagenya dapat read 300 dan write 98mb/s, masih wajar lah karena eMMC. Kemudian untuk sensornya lumayan lengkap, ada sensor cahaya, magnetik, dan gyroscope. Oh iya HP ini juga sudah support OTG dan multitouchnya juga bisa sampai 10 sentuhan sekaligus.

Sekedar informasi, saya juga sudah coba mereset HP ini, untuk imeinya tidak berubah, sinyal tetap muncul, dan speknya juga tetap kayak sebelumnya tidak balik normal atau menunjukkan aslinya. Jadi harus hati-hati kalau mau oprek atau flash HP ini, karena bisa saja firmware yang ori tidak cocok, karena kurang jelas juga hardware aslinya, takutnya ada modifikasi tertentu. 

Untuk HP-HP Oppo memang terbatas juga kalau mau dioprek, mulai dari Bootloadernya yang dikunci dan minimnya developer yang bikin atau porting custom rom ke HP Oppo termasuk yang A3S ini. Btw saya sudah coba intip daleman dari HP ini, ternyata masih cukup rapih tapi saya tidak bisa menjamin ini bagus, karena tidak ada perbandingan secara langsungnya juga. Jadi kalian bisa nilai sendiri dan kalau ada yang tau atau sudah pernah melihat yang orinya seperti apa, boleh komentar ya guys. 

Selain beberapa spek yang sudah dimanipulasi, sebenarnya ketika saya menggunakan HP ini sekitar semingguan lebih tidak ada masalah, masih terbilang aman-aman saja sesuai dengan performa speknya. Btw untuk menjalankan aplikasi whatsApp masih bisa, nonton-nonton video, scroll sosmed, browsing-browsing juga bisa, atau hal-hal yang tidak begitu berat lainnya masih aman. Performanya tetap sesuai spek, pastinya tidak se-lancar seperti HP-HP yang baru rilis walaupun yang murah sekalipun, karena ini memang HP sudah lama dan speknya termasuk tidak yang tinggi-tinggi banget pada waktu itu, jadi harap dimaklumi.

Kalau untuk ngegame juga tidak bisa dipaksa, untuk main mobile legend sebenarnya bisa dan dapat settingan di high secara bawaan, tapi ketika main lumayan terasa framedropnya. Sedangkan kalau untuk emulator paling mentok-mentok main game PSP tapi jangan yang berat-berat juga, soalnya god of war menggunakan settingan bawaannya sudah ngeleg, hanya dapat 30an fps saja. Nah kalau sekelas game def jam masih kuat lah, bisa dapat 60 fps dan cukup stabil.

Ternyata untuk baterainya tergolong awet, tapi saya tidak menemukan bagaimana cara untuk melihat screen on timenya, tapi yang saya rasa pemakaian baterainya masih normal. Kalau untuk standby masih bisa berhari-hari, atau kalau untuk main mobile legend sekitar 15 menit berkurang 4%an. Btw HP ini ada minusnya lagi yaitu untuk ngechargenya lumayan lama, dari 20% sampai full sekitar 4 jam, lama bener ya wkwkwk. 

Menurut saya HP ini memang masih termasuk murah dan cukup oke dari segi spek, kondisi bodynya, maupun yang lainnya, dan HP ini masih bisa digunakan untuk saat ini. Jadi HP ini memang benar HP Oppo, tapi dengan sistem yang kemungkinan sudah dimodifikasi, komponen yang bisa jadi sudah ada yang diperbaiki atau diganti dengan yang lain. Begitu juga untuk kelengkapannya, saya rasa bukan original. Tentunya HP seperti ini cukup banyak resikonya, karena bisa jadi hasil rekondisi, bukan lagi HP yang dirakit oleh pihak Oppo pada waktu itu, soalnya tipe ini juga sudah diskontinyu.

Jadi hati-hati guys karena HP ini bisa dibilang lumayan, tapi kalau dibilang aman belum tentu, karena ada harga ada rupa. Silahkan dipikir-pikir lagi sebelum membeli, dan semoga blog ini bisa jadi referensi kalian supaya tidak ada keragu-raguan dalam menentukan pilihan.


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Oppo A3S yang harganya murah banget, tapi cukup mencurigakan. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBA BELI & BONGKAR HP OPPO YANG HARGANYA MURAH BANGET! - OPPO A3S. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar