ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Sabtu, 06 Juli 2024

COBA BELI & PAKE HP ANDROID YANG CUMA PUNYA RAM 512 MB DI 2024! - iCherry C135 Glow

Oleh Aulia Intan pada Sabtu, 06 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP Android murah yang harganya hanya 180 ribuan saja, tapi dengan spek yang memang sudah parah kalau untuk sekarang, dan yang akan saya bahas yaitu HP iCherry C135 Glow.  HP iCherry C135 Glow merupakan HP Android yang mempunyai RAM 512MB, apakah HP ini kalau dipakai sekarang masih bisa untuk menjalankan aplikasi kekinian? Baca sampai tuntas ya guys supaya tidak penasaran.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna hitam, earphone, baterai dengan kapasitas 2200mAH, dan dapat kabel data yang masih micro usb. Selain itu, saya dapat adaptor dengan output 5V-1A dan ada kertas-kertas seperti buku petunjuk dan kartu garansi. 

Lanjut saya saya akan jelaskan bentuk dari HP ini, untuk dibagian depan ada layar berukuran 5inch, lalu diatas layar ada kamera 2MP, lampu indikator dan earpice, kalau dibawah layar ada tombol kapasitif menu dan back, serta tombol fisik home. Kemudian untuk sisi kanan ada tombol pengatur volume dan power, sedangkan dibagian sisi kirinya kosong. Kalau dibagian sisi bawah ada speaker dan microphone, lalu dibagian sisi atas ada lubang jack audio dan micro usb.

Untuk dibagian belakang ada kamera 5MP, lampu flash, dan logo buah cherry tapi bukan Apple loh ya. Btw kalau dilihat-lihat bagian belakang dari HP ini mirip seperti HP Xiaomi Redmi 5A, tapi kalau bagian depan dari HP ini lebih mirip ke HP-HP Samsung seri J karena ada tombol fisik homenya. Kalau untuk bahannya yaitu plastik berbahan doff dan kualitasnya pun seadanya saja, tapi kalau untuk harga 100 ribuan untuk design nya okelah. Oh iya untuk back covernya masih bisa dibuka, dan kalau dibuka didalamnya terdapat slot micro sim 1, sim 2, micro sd, dan ada keterangan imeinya. 

Waduh ketika saya coba menyalakan HPnya sudah langsung muncul kekurangannya yaitu ada garis putih-putih dibagian sisi atas dan sisi bawah layarnya, agak kaget juga sih melihat layar yang sudah seperti itu. Setelah saya cek ke pengaturannya, HP ini menggunakan OS Android versi 4.4.2 atau Android kitkat. Kemudian untuk penyimpanan internalnya cukup mengenaskan sih, totalnya hanya 174MB dan yang tersedia hanya 84MB saja.

Tapi tenang guys karena ada alternatif lain yaitu bisa menggunakan micro sd untuk jadi penyimpanan utamanya, dan untuk RAM dari HP ini bebasnya sekitar 291MB dan sudah digunakan sekitar 175MB. Nah untungnya untuk aplikasi bawaannya hanya sedikit, bahkan yang dari google saja minim banget dan untuk aplikasi untungnya masih bisa diuninstall, lumayan untuk menambah ruang penyimpanan. 

HP ini memang sudah cukup lama dirilis yaitu sekitar tahun 2017 dengan harga waktu itu sekitar 400 ribuan, menurut saya masih termasuk terjangkau lah untuk harganya, dan untuk sekarang ternyata stoknya masih ada hanya saja harganya yang sudah turun banget jadi 180 ribuan.

Untuk spesifikasinya yaitu HP ini menggunakan Mediatek MT6572, Dualcore 1Ghz, RAMnya 512MB, internalnya 512MB, GPUnya menggunakan Mali-400 MP, layarnya 5inch, jaringannya masih 3G, baterainya 2200mAh, dan menggunakan Android 4.4.2 Kitkat.

Nah dengan spek yang seperti itu, apakah masih bisa kalau dipakai untuk sekarang? Untuk dikondisi yang masih belum banyak diubah-ubah atau masih baru yang belum di isi banyak file, menurut saya masih cukup lancar karena memang UInya tidak begitu banyak kostumisasi dan lebih ke stok Android. Selain itu, aplikasi bawaannya juga tidak banyak, Android kitkat masih cukup ringan di HP ini dan rata-rata memang HP Android yang RAMnya 512MB mentoknya menggunakan versi kitkat. Untungnya pembuat HP ini sadar juga dengan spek yang dipakai, harusnya memang begitu sih, jangan RAM 512MB tapi diberikan fitur-fitur berat dan rombongan aplikasi bawaannya.

Saya juga sudah coba untuk melakukan hal ringan lain seperti buka aplikasi bawaan masih oke,  multitaskingnya juga masih berfungsi, hanya saja memang agak mikir ketika ingin membukanya. Kalau untuk sms dan teleponan sebenarnya masih cukup, tapi untuk sinyalnya karena HP ini jaringannya masih 3G jadi yang terdeteksi hanya jaringan 2G nya saja dan rata-rata memang HP yang RAM 512MB atau yang jadul apalagi murah pasti jaringannya masih 3G. Kalau untuk internetan menggunakan data seluler sudah tidak bisa, kalau pun bisa pasti akan lemot banget. 

Kalau untuk browsing memang sudah agak kurang juga performanya, dan kalau akses web yang lebih ke text saja atau ringan bolehlah, tapi kalau sudah banyak animasi atau konten gambar, video, dan sebagainya sudah pasti kewalahan guys. Kemudian kalau untuk multimedia di HP RAM 512MB masih bisa dan ternyata di HP ini ada radio FM, tapi sayangnya harus colok headset. Sedangkan kalau untuk mendengarkan musik jangan berharap banyak sama kualitas suara speakernya, karena kualitasnya biasa saja.

Lanjut, HP ini masih bisa diinstall beberapa aplikasi dengan syarat harus ada playstorenya, tempat untuk menginstall aplikasi. Tapi sayangnya untuk playstore di HP ini tidak bisa login, padahal akun yang saya masukkan sudah benar dan sampai buat akun baru di HP ini tapi tetap tidak bisa juga. Btw saya juga sudah coba update atau install playstore secara manual dengan aplikasi yang versi tertinggi di Android kitkat, tapi hasilnya tetap sama saja tidak bisa.

Jadi intinya HP ini tidak bisa menggunakan playstore, saya juga kurang paham apakah kasus ini disemua HP yang menggunakan versi Android kitkat dengan RAM 512MB atau memang hanya di HP ini saja yang tidak bisa login ke playstore. Jadi yaudah deh saya install beberapa aplikasinya langsung lewat file APKnya saja. 

Oh iya untuk masalah memori intenal di HP ini, ternyata bisa menggunakan micro sd untuk penyimpanan aplikasinya dan saya juga sudah coba menggunakan micro sd kapasitas 128GB ternyata masih bisa untuk di HP ini. Lanjut guys, saya juga coba install whatsApp tapi tentunya bukan versi yang terbaru, soalnya kalau yang terbaru harus minimal Android 5.0, maka dari itu saya coba install versi tertinggi yang masih support Android 4, dan hasilnya bisa diinstall dan bisa dibuka juga.

Tapi ternyata tidak semulus itu perjalanannya, karena ketika masuk aplikasi malah muncul peringatan kalau whatsApp sudah tidak mendukung versi Android di HP ini yaitu 4.4 kitkat, dan sedihnya lagi tidak bisa diakalin guys. Kalau untuk aplikasi telegram juga bisa diinstall dan dari keterangannya masih support Android 4.4, tapi tidak tau kenapa ketika mau masuk ke aplikasi telegramnya tidak bisa kirim sms verifikasi. Hadeuh ternyata sama saja tidak bisa dipakai, mungkin itu salah satu masalah di HP ini saja kali ya karena harusnya sih masih bisa.

Kemudian untuk aplikasi lainnya masih bisa menggunakan yang versi lite seperti facebook lite atau instagram lite, atau untuk nonton youtube juga bisa lewat browser. Tapi jangan berharap bakal bisa dijalankan dengan lancar, walaupun sudah menggunakan versi lite yang tetap saja masih ada masalahnya seperti tiktok lite yang tidak bisa dibuka. 

For your information, ternyata untuk penyimpanan internal masih jadi masalah. Walaupun bisa menggunakan micro sd, tapi tetap saja ada sebagian data yang harus tersimpan ke internal, jadi bakal tetap keluar notifikasi penyimpanan internal hampir penuh. Baru dicoba untuk aplikasi yang ringan saja sudah kewalahan, apalagi untuk main game. Mungkin hanya bisa untuk game-game ringan yang jadul atau emulator paling mentok di PS1.

Jadi begitulah kalau kita menggunakan HP dengan RAM 512MB untuk sekarang, benar-benar melatih kesabaran banget dan sudah kayak bukan smartphone lagi karena pemakaiannya sudah terbatas. Walaupun harganya murah tapi nantinya untung-untungan dengan kondisi HPnya, karena dengan spek seperti ini sudah pasti HP lama. Walaupun kondisinya baru sekalipun tapi sudah lama disimpan, jadi menurut saya kurang rekomen dan harap dimaklumi dan sadar harga saja. Btw kalian ada yang pernah menggunakan HP dengan RAM 512MB? Coba bagikan pengalamannya dikolom komentar ya!


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Android dengan RAM 512MB, yaitu iCherry C135 Glow. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBA BELI & PAKE HP ANDROID YANG CUMA PUNYA RAM 512 MB DI 2024! - iCherry C135 Glow. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar