ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 08 Juli 2024

COBAIN HP ANDROID NOKIA MURAH YANG SEKARANG, TERNYATA RASANYA BEDA SAMA YANG DULU! - Nokia C20

Oleh Aulia Intan pada Senin, 08 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP Android dari Nokia dengan harga yang cukup murah walaupun bukan tipe HP yang jadul banget, dan yang akan saya bahas yaitu HP Nokia C20. Btw saya beli HP ini lewat Tokopaedi seharga 700 ribuan dengan kondisi dari keterangannya masih baru dan garansi resmi Indonesia, kemungkinan HP ini memang barang lama. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP berwarna dark blue, baterai tipe BL29CI dengan kapasitas 2950mAh, dapat 2 kartu perdana dari telkomsel dan kemungkinan ini kartu bundlingannya. Kemudian dapat kertas-kertas yaitu panduan singkat, informasi produk dan keamanan, serta kartu garansinya. Lanjut, saya dapat case yang modelnya soft transparan, lalu dapat earphone, kabel data yang masih micro-usb, dan terakhir dapat charger atau adaptor dengan output 5V-1A. 

Lanjut saya akan bahas bentuk dari HP ini, untuk dibagian depan ada layar 6,5inch, lalu diatasnya ada kamera 5MP, earpice dan lampu flash, kalau dibawahnya hanya ada tulisan Nokia. Kemudian untuk dibagian sisi kanan dan tombol pengatur volume dan power, sedangkan dibagian sisi kirinya kosong. Kalau dibagian sisi bawah ada microphone dan lubang micro usb, serta dibagian sisi atas ada lubang jack audio. 

Untuk dibagian belakang ada kamera 5MP, lampu flash, tulisan Nokia serta lubang speaker. Untuk back cover HP ini bahannya plastik halus dan bertekstur, jadi lumayan enak untuk digenggamnya dan sisinya juga masih melengkung Kalau ukuran bodynya lumayan terasa bongsor, tapi selebihnya biasa saja kalau menurut saya. HP ini back covernya masih bisa dibuka, dan kalau dibuka didalamnya terdapat slot untuk nano sim 1, sim 2 dan slot micro sd, serta ada keterangan HMD Global dan keterangan kalau HP ini sudah dibuat di Indonesia.

HP ini menggunakan Android 11 yang Go Edition dengan patch keamanan di 5 Juli 2021, untuk storagenya sisa sekitar 10,6GB dan sudah terpakai sekitar 5,3GB dari total 16GB. Sedangkan untuk RAMnya sudah terpakai sekitar 1,1GB dari total 2GB, jadi sisanya sekitar 0,9GB. Kalau untuk aplikasi bawaannya sudah ada beberapa yang terinstall, terutama yang paling banyak dari google yang bisanya hanya disable saja, tapi kalau yang lainnya ada yang bisa diuninstall langsung dan ada juga yang tidak bisa secara bawaannya. Untuk sinyal, karena HP ini resmi jadi sinyalnya muncul dan jaringan 4Gnya juga bisa, pokoknya aman lah tidak ada masalah. 

Nokia C20 dirilis sekitar tahun 2021 dengan harga waktu itu sekitar 1,4 jutaan rupiah, HP ini memang bukan seri tertinggi, bahkan ini hanya seri-seri bawah dan termasuk ke jajaran HP murahnya Nokia. Walaupun dibilang murah tapi tidak murahan juga kalau kita bandingkan speknya dengan HP-HP dari merek lain, dan sekedar informasi kalau harga yang saya dapatkan sekarang sudah murah.

Untuk spesifikasinya, HP ini menggunakan chipset Unisoc SC9863A, Octa-core Upto 1,6Ghz, RAMnya 2GB, internal 16GB, GPUnya PowerVR IMG8322, layarnya IPS 6,5inch HD+, baterai 3000mAh, dan menggunakan OS Android 11 Go Edition. Untuk spek seperti itu mau tidak mau harus menggunakan Android Go karena untuk meringankan beban sistemnya juga, tapi dengan versi Android yang tidak jadul banget dan hasilnya selama saya pakai masih cukup okelah.

Untuk sistemnya memang tergolong ringan, minim modifan, bahkan minim fitur-fitur juga, lebih ke stok Android. Selain itu, keunggulan HP ini dapat update sampai 2 tahun untuk keamanannya dan setelah saya update mentok di 5 Juni 2023. Kalau yang beli atau yang punya HP ini menurut saya wajib banget update sampai mentok ya, soalnya pas awal-awal saya pakai HP ini seperti cepat panas saat digunakan, tapi setelah update jadi adem ayem. 

Selama menggunakan HP ini, saya pakai untuk hal yang ringan saja seperti chatting whatsApp, sekedar nonton, scroll sosmed atau browsing ringan dan pastinya direkomendasikan menggunakan aplikasi yang versi go atau lite. Tapi bukan berarti kita tidak bisa install aplikasi versi regulernya, install versi regulernya tetap bisa tapi agak berat jadinya.

Untuk score benchmarknya menggunakan Antutu versi 10.1.3 HP ini hanya dapat score 126 ribuan dengan kecepatan storage di 204MB/S untuk read dan 35 writenya, kalau di Antutu kedetek UFS tapi tidak ada keterangan dari speknya kalau HP ini menggunakan UFS. Btw HP ini multitouch nya bisa sampai 10 sentuhan sekaligus dan brightnessnya standar seperti di HP sejuta kebawah, jadi kalau lagi ditempat yang terang sudah pasti wajib full brightness. Walaupun dengan kualitas layar yang cukup saja, tapi kelebihan HP ini yaitu lumayan lebar layarnya apalagi kalau ditambah dengan bezelnya akan semakin lebar. 

Untuk bagian sensor masih sewajarnya minim, tapi adanya sensor cahaya jadi bisa membantu untuk auto brightness. Kalau untuk baterainya yang sekitar 3000mAh sudah cukup oke dengan pemakaian ringan, saya bisa dapat screen on time sekitar 3,5-4 jam dan untuk ngechargenya dari 20% sampai full butuh waktu hampir 3  jam.

Nah kalau misalnya HP ini masih dipaksa untuk main game sekelas mobile legend menggunakan settingan terendahnya saja menurut saya tidak nyaman, masih sering framedrop bahkan sampai macet-macet ditengah permainannya, sesuai speknya juga jadi jangan dipaksa. Maka dari itu saya lebih menyarankan HP ini untuk kebutuhan ringan saja atau jadi HP kedua karena sebenarnya HP ini sudah lumayan, dengan keunggulan harga yang cukup terjangkau untuk sekarang, layar lebar dengan model water drop, sistem tidak jadul-jadul banget dan lumayan optimal, serta barang resmi dan dari merek Nokia yang saya rasa belum asing juga.

 

Nah kalau ngomongin merek Nokia, memang HP-HP Nokia yang sekarang tidak seperti yang dulu, bahkan ketika Nokia baru pertama menggunakan OS Android yaitu di Nokia X Dual SIM, sebenarnya itu bukan lagi dipegang Nokia yang lama, tapi sudah dipegang Microsoft dan menurut saya jadi beda rasa. Mungkin kalau dipegang Microsoft masih terasa keunikannya dari mulai designnya, ekosistemnya, sampai UI atau sistemnya dirombak sehingga tidak menggunakan stok Android seperti sekarang, tapi lebih mendekatkan ke metro stylenya Windows Phone, jadi lebih punya ciri khas.

Kalau sekarang yang sudah dipegang HMD, jadi sudah tidak jauh beda seperti HP-HP Android biasa dipasaran, hanya nempel merek Nokianya saja. Mungkin yang masih sama yaitu harga dengan speknya, tapi jatuhnya agak mahal dan belum banyak berani jual kelas tingginya juga diIndonesia. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP Android Nokia murah tapi bukan yang jadul yaitu Nokia C20. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBAIN HP ANDROID NOKIA MURAH YANG SEKARANG, TERNYATA RASANYA BEDA SAMA YANG DULU! - Nokia C20. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar