ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Minggu, 07 Juli 2024

COBAIN HP GOOGLE KE-3 YANG DIBIKININ SAMSUNG & SEBELUM ADA PIXEL! - Samsung Galaxy Nexus

Oleh Aulia Intan pada Minggu, 07 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP dari Google lagi atau salah satu pendahulunya Pixel, tapi yang ini masih kerjasama dengan perusahaan lain yaitu Samsung, dan HP yang akan saya bahas yaitu Galaxy Nexus. Saya beli HP ini lewat Tokopaedi dengan harga sekitar 300 ribuan, dan HP ini kondisinya bekas tapi masih cukup normal.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP, earphone, kabel data yang tipenya micro usb, baterai dengan kapasitas 1750mAh, dan dapat adapator atau charger dengan output 5V-1A. Terakhir, dapat banyak kertas yaitu ada panduan penggunaan, quick start guide, dan alamat service center.

Lanjut saya akan jelaskan bentuk dari HP ini, untuk dibagian depan ada layar 4,6inch, diatasnya ada kamera 1,3MP, sensor dan earpice, sedangkan dibawahnya hanya ada lampu indikator. Kemudian untuk dibagian sisi kiri hanya ada tombol pengatur volume, lalu dibagian sisi kanan ada tombol power dan dock konektor. Kalau dibagian sisi bawah ada lubang jack audio, microphone, dan micro usb, sedangkan dibagian sisi atasnya kosong.

Untuk dibagian belakang ada kamera 5MP, lampu flash, lubang speaker, serta tulisan Google dan Samsung yang masih utuh. Untuk back covernya masih bisa dibuka, kalau dibuka didalamnya hanya ada 1 slot mini sim dan ada keterangan model yaitu GT-i9250. Untuk design dari HP ini masih sedikit melengkung ujungnya dan ukurannya juga tergolong compact, lalu untuk dibagian belakang bahannya tidak licin karena ada tekstur garis-garis yang membuat nyaman saat menggenggam HPnya. HP ini menggunakan bahan plastik, walaupun plastik tapi terasa cukup solid karena bukan seperti plastik-plastik murahan. 

Oh iya karena HP ini ada campur tangan Samsung, jadi ada beberapa bagian yang mirip dengan beberapa seri atau tipe HP Samsung,  tapi kalau di HP ini sudah tidak menggunakan tombol kapasitif atau tombol fisik untuk dibagian depannya, jadi kelihatan lebih bersih. Btw untuk unit yang saya dapat ini secara kondisi memang tidak mulus karena ada lecet dibeberapa bagian, tapi semoga saja dalamannya masih aman.

HP ini menggunakan Android versi 4.2.2 Jelly Bean dan sepertinya sudah diupdate, kemudian untuk storagenya total 13,33GB dan sisanya masih sekitar 13,07GB, cukup hemat nih penggunaannya. Kalau untuk RAMnya sudah terpakai sekitar 273MB dan bebasnya sekitar 421MB, dan kalau dilihat dari indikatornya belum ada setengahnya karena memang aplikasi yang berjalannya juga masih sedikit. Sebenarnya tidak banyak juga aplikasi bawannya mengingat HP ini dari Google, jadi tidak ada aplikasi bawaan dari Samsung.

Samsung Galaxy Nexus merupakan HP pertama yang dijual menggunakan OS Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwitch dan menjadi HP Google Nexus seri ketiga, kalau seri yang pertama kerjasama dengan HTC yaitu Nexus One dan yang kedua juga kerjasama dengan Samsung yaitu Nexus S. Galaxy Nexus dirilis sekitar tahun 2011 dan masuk ke Indonesia secara resmi sekitar tahun 2012 dengan harga sekitar 5 sampai 6 jutaan rupiah. 

Dari segi speknya HP ini sudah oke pada zamannya, menggunakan chipset TI OMAP 4460, Dual-core 1.2GHz, RAMnya 1GB, internal 16GB, GPUnya PowerVR SGX540, layar 4,6inch HD sudah amoled, jaringan masih 3G, baterai 1750mAh, dan OS bawaannya Android 4.0 Ice Cream Sandwich tapi masih bisa diupdate sampai ke Android versi 4.3 Jelly Bean, bahkan bisa lebih kalau dioprek lagi.

HP Google Nexus memang HP jadul yang sudah pasti ketinggalan dari segi software maupun hardwarenya, tapi sisa-sisa kalau HP ini dulunya lumayan masih cukup terasa untuk saat ini. Seperti layarnya yang dari segi warna, sudut pandang, dan kecerahannya sudah lumayan bagus, bahkan unik juga karena modelnya agak melengkung. Kalau softwarenya memang masih terasa cukup optimal untuk menjalankan Android Jelly Bean, walaupun pada dasarnya dia menggunakan UI stok Android, tapi dari segi fiturnya termasuk minim.

Android Jelly Bean untuk saat ini sudah dihentikan dukungannya, jadi banyak aplikasi yang sudah tidak support dan bahkan playstorenya saja sudah tidak bisa. Begitu juga untuk jaringannya karena HP ini masih 3G dan jaringan 3G dibeberapa daerah sudah dihentikan, jadi hanya bisa menggunakan jaringan 2G yang mana sudah tidak optimal banget kalau untuk internetan, paling buat sekedar telepon atau sms saja.  

Walaupun HP ini ada wifinya, tapi kalau hanya untuk sekedar browsing saja sudah sering muncul sertifikat kadaluwarsa dan tidak bisa diakses situsnya, tapi kerennya HP ini sudah ada NFC dan sudah support OTG untuk disambungkan ke beberapa perangkat lain seperti mouse atau keyboard. Sebenarnya sudah support MHL juga, jadi kalau ada kabel MHL, HP ini tampilannya bisa ke monitor atau TV. Kalau untuk aplikasi atau game jadul bisa-bisa saja dijalankan di HP ini.

Ternyata HP ini tuh oprekable, walaupun secara official mentoknya di Android Jelly Bean tapi kalau kita oprek-oprek HP ini bisa naik versi lagi tepatnya ke Android Nougat, tentunya ini menggunakan yang namanya custom rom dan saya masih dapat filenya yaitu purenexus. Nah untuk unit yang saya punya ini bootloadernya masih terkunci jadi harus dibuka dulu, tapi untungnya masih gampang dan cepat karena bisa lewat adb fastboot. 

Setelah itu baru bisa dipasang custom recoverynya dan masukkan file custom romnya, lalu kalau sudah tinggal kita eksekusi flashing romnya lewat custom recovery TWRP. Nah kalau prosesnya berhasil, HP Google Nexus yang awalnya menggunakan Android 4.0 ICS, setelah dioprek masih bisa menjalankan Android versi 7.1.2 atau Android Nougat yang di release sekitar tahun 2017. 

Sebenarnya kalau HP Google sudah terjamin updatenya seperti HP Google Pixel, tapi kalau yang ini kan bukan official, jadi pastinya ada beberapa bug dan tentunya ada kekurangan dari segi performa karena hardwarenya yang sudah ketinggalan untuk menjalankan versi OS ini. Sebenarnya masih bisa dipaksa kalau ingin digunakan untuk menjalankan aplikasi kekinian seperti whatsApp atau sosial media lainnya, tapi tetap saja kewalahan ketika menjalankannya. Sebenarnya bukan hanya custom rom ini saja, ada juga custom rom lain yang versinya dibawah ini, hanya saja untuk mendapatkannya mulai susah karena filenya sudah banyak yang asing dan hilang termakan waktu.


Samsung Galaxy Nexus memang menjadi HP yang oke pada zamannya, dari beberapa info yang saya dapat HP ini banyak dapat review yang bagus dan menjadi gebrakan dari Google mulai dari dirilisnya Android 4.0, serta penggunaan design yang lebih clean. Tentunya menjadi sejarah dalam perjalanan Google untuk mengembangkan sebuah HP sampai akhirnya rilis seri Pixel. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP dari Google yang kerjasama dengan Samsung, yaitu Galaxy Nexus. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBAIN HP GOOGLE KE-3 YANG DIBIKININ SAMSUNG & SEBELUM ADA PIXEL! - Samsung Galaxy Nexus. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar