ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Selasa, 02 Juli 2024

COBAIN HP MURAH YANG SPEKNYA PERNAH MENGGEMPARKAN! - itel S23

Oleh Aulia Intan pada Selasa, 02 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas HP yang beberapa bulan lalu sempat viral tapi dibombardir dengan beberapa saudaranya sendiri, yaitu itel S23. Jadi HP ini harganya masih sekitar 1,2 jutaan rupiah dan sudah banyak yang jual di Shoppink ataupun di Tokopaedi, barangnya tidak ghoib atau digoreng lagi.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP, kertas petunjuk penggunaan dan kartu garansi, lalu dapat sim ejector, case, kabel data type-c, dan masih dapat adaptor yang outputnya hanya 5V-2A.

Waktu pertama kali lihat dan pegang unitnya saya suka-suka saja, tapi agak sedikit kaget juga ternyata diharga segitu HP-HP sudah kelihatan keren. Saya akan jelaskan bentuk dari HP ini, untuk dibagian depan ada layar yang cukup besar yaitu 6,6inch dengan model water drop, lalu dibagian sisinya sudah flat dan menggunakan bahan frame metal yang jadinya terasa solid, tapi tidak terlalu membuat tebal juga.

Kemudian dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume dan tombol power yang sekaligus fingerprint scanner, kalau dibagian sisi kirinya hanya ada slot sim yang untungnya ada 3 slot jadi tidak pilih-pilih seperti hybrid. Lanjut, dibagian bawah ada lubang speaker, usb type-c, microphone dan masih ada jack audio, sedangkan dibagian atasnya kosong.

Untuk dibagian belakang saya pilih warna putih glosy tapi bahannya bukan dari kaca karena masih plastik, memang agak lebih riskan buat kegores. Oh iya dibagian belakangnya juga ada kamera yang di design bulat dan kameranya hanya ada 2, kamera utama berukuran 50MP, lalu ada single flash dan tulisan itel. Menurut saya bagian belakangnya cukup punya ciri khas, tidak yang begitu pasaran banget ikut-ikutan boba.

Untuk spesifikasinya, HP ini menggunakan OS Android versi 12 dengan patch keamanan di 5 Juli 2023, storagenya menggunakan UFS 128GB dan kalau baru nyala terpakai sekitar 15GB, kemudian RAMnya 8GB dengan bebas sekitar 5,8GB. Nah untuk chipsetnya HP ini menggunakan UNISOC T602 octacore up to 1,6GHz, GPUnya menggunakan mali-G57, layarnya IPS 6,6inch sudah 90Hz tapi resolusinya masih HD+, jaringannya 4G dan baterainya 5000mAh.


Secara skor benchmark antutunya HP ini dapat di 240 ribuan, lalu untuk storage yang dari keterangannya UFS 2.2 dapat kecepatan read 950 dan write 249 mb/s, dan untuk jumlah multitouchnya hanya bisa sampai 5 sentuhan sekaligus. Sedangkan untuk sensornya hanya ada Gyroscope dan magnetik, kalau untuk sensor cahaya tidak ada, jadi tidak bisa auto brightness.

Sebenarnya kalau untuk pemakaian chat, scroll sosmed, buka-buka toko online, browsing, pokoknya hal-hal dasar sudah mencukupi. Apalagi menggunakan RAM 8GB pastinya ini menambah performanya dalam hal multitasking, menjalankan aplikasi, atau main game-game yang cukup berat, dan ditambah penyimpanannya menggunakan UFS jadi bisa makin satset-satset.

Jujur saja, zaman sekarang untuk HP-HP baru yang menjalankan sistem atau aplikasi kekinian, RAM dibawah 8GB mungkin masih kuat tapi agak ngos-ngosan. Lalu untuk RAM tambahan bisa membantu, tapi tidak yang signifikan banget kalau menurut saya. Btw untuk sistem UInya memang agak rame, mulai dari aplikasi bawaan maupun fitur-fiturnya.

Kalau untuk layar, memang masih lumayan tebal dibezelnya dan untuk warnanya juga agak pucat, brightnessnya masih kurang terang, bahkan tidak bisa auto brightness. Kalau untuk resolusi yang masih HD+ harap maklum, tapi setidaknya layar sudah lebih smooth karena bisa 90Hz dan rasio yang memanjang atau sudah full, tidak yang jadul-jadul banget. Hanya saja dari segi kelengkapan seperti NFC, HP ini memang tidak punya. 

Dengan kapasitas baterai 5000mAh hanya support ngecharge di 10W, dari 20% sampai full membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Kalau dibilang baterainya awet ya masih termasuk awet, screen on time pemakaian saya bisa dapat sekitar 8 jam, untuk nonton video di youtube sekitar 30 menit kurangnya 3% atau kalau untuk main game mobile legend sekitar 15 menit kurangnya 4%, dan genshin impact sekitar 20 menit kurangnnya 5%.

Kemudian untuk kameranya memang banyak yang bilang kurang, hanya untuk harganya harus pintar-pintar kitanya juga. Kalau untuk foto dikondisikan cahayanya, posisinya atau teknik lainnya, tidak bisa asal jeprat-jepret seperti HP lain yang harganya diatas ini. 

Gimana untuk main gamenya? HP ini sudah saya coba untuk main game-game populer atau yang dijalankan menggunakan emulator. Untuk sekelas game mobile legend saya sudah cek hanya mentok di settingan high, dan data-datanya sudah saya download semua. Tapi kalau untuk main nya masih termasuk lancar karena masih dapat 60 fps, kalau pun turun paling ke 50an fps, tidak begitu yang parah banget sih.

Saya juga sudah coba untuk main game PUBG mobile dengan settingan bawaan mentok di hd-high dan untuk main bisa dapat fps diatas 20an sampai 30 fps, masih lumayan kalau untuk main. Kemudian genshin impact juga sudah saya coba, walaupun hanya dapat settingan bawaan terendah, kalau masih awal-awal main memang masih bisa fpsnya dapat di 20an sampai 30 fps. Kalau misalnya settingan grafiknya diubah jadi paling tinggi dan 60 fps, hasilnya lebih parah karena hanya dapat fps dibawah 10 saja. 

 

Kalau untuk emulator game PSP sekelas game god of war menggunakan settingan bawaan hanya dapat di 40-50an fps, masih tidak terlalu lancar banget. Tapi kalau diubah renderingnya menjadi 1x PSP, jadi lebih lancar bisa ke 60 fps, hanya saja gambarnya jadi kurang bagus. Sedangkan untuk gamecube main game luigis mansion masih dapat fps di 20-30an, tapi kadang masih ada stuteringnya ketika baru awal-awal main. Kalau untuk main game nintendo wii seperti mario kart juga dapat fps di 20-30an, tapi kalau di HP ini terasa lebih parah apalagi game balapan, tidak nyaman jadinya. 

Oh iya gimana kalau untuk main game PS2 menggunakan AetherSX2? ternyata diluar dugaan. Ketika saya coba main god hand menggunakan settingan bawaan, masih dapat di 40-50an fps, memang belum yang lancar banget, tapi ketika saya coba ubah perendernya ke vulkan bisa nyentuh ke 60 fps dan jadi lebih lancar. Tapi masih tergantung gamenya juga sih, saya coba untuk main god of war 2 masih terasa framedrop banget, hanya dapat 20an sampe 30 fps saja.

Menurut saya itel S23 masih bagus kok untuk harganya, tapi kalau butuh fitur lain memang ada yang nambah 200 sampai 300 ribuan sudah dapat yang lebih lengkap macam itel P55 NFC atau dari merek lainnya yang lebih murah seperti ZTE Blade A72. Pasti setiap tipe HP ada kelebihan dan kekurangannya juga, apalagi ini HP kelas bawah jadi tidak bisa seimbang disemua sisi juga. Jadi tetap sesuaikan kebutuhan, karena sekarang sudah makin banyak pilihan.


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP yang beberapa bulan lalu sempat viral tapi dibombardir dengan beberapa saudaranya sendiri, yaitu itel S23. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBAIN HP MURAH YANG SPEKNYA PERNAH MENGGEMPARKAN! - itel S23. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar