ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 01 Juli 2024

COBAIN HP YANG PALING LARIS DI DUNIA SEPANJANG MASA! - Nokia 1100

Oleh Aulia Intan pada Senin, 01 Juli 2024


Yoo Haloo...

Kali ini saya akan membahas HP yang tercatat punya penjualan paling laris didunia sampai saat ini atau bisa dibilang terlaris sepanjang masa, yaitu Nokia 1100. HP sepuh yang rilis pertama kali sekitar 21 tahun lalu ini saya beli lewat Shoppink kondisi bekas dengan harga 200 ribuan. 

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit HP, baterai BL-5C dengan kapasitas 1020 mAh, ini baterai sejuta umat HP Nokia. Lalu saya dapat charger dengan model colokan bulat, tapi ini bukan charger bawaannya, mereknya jezz dan untuk outputnya 5V-0,75A.

Untuk unit yang saya beli warnanya biru, selain biru HP ini juga ada warna lain yaitu hitam, putih, orange dan masih banyak yang lainnya. Untuk design HP ini menggunakan model candybar, sebenarnya tidak yang aneh-aneh banget, hanya saja memang kelihatan seperti ada lengkungan disisi bodynya dan ada yang bilang juga kalau dari bentuknya seperti pocong, makannya ada yang nyebut HP ini Nokia Pocong. Kalau menurut kalian gimana nih? Walaupun begitu, tapi dipegangnya masih nyaman kok, bahannya masih plastik tapi masih terasa cukup kokoh. Memang sudah menjadi karakter HP-HP Nokia jadul seperti itu, biasanya tahan banting.

Saya akan jelaskan penampakkan dari HP ini, untuk dibagian depan terdapat layar monokrom, diatasnya ada tulisan Nokia dan earpice, dan dibawahnya ada keypad alfanumerik. Kemudian dibagian sisi kanan ada lubang untuk gantungan atau strap, sedangkan dibagian sisi kiri ada lubang speaker dan lubang gantungan lagi. Kalau untuk dibagian sisi bawah ada lubang microphone, headset, dan lubang untuk ngecharge, lalu dibagian sisi atas hanya ada lampu senter. Untuk dibagian belakang ada tulisan Nokia. Btw HP ini back covernya bisa dibuka dan kalau back covernya dibuka, didalamnya terdapat slot untuk mini sim dan ada keterangan Nokia tipe RH-18 dengan model 1100.

Btw kondisi HPnya memang benar-benar kotor, tapi kalau memang HP ini belum pernah dibongkar atau service, kuat banget berarti nih HP. Soalnya dari keterangan penjualnya HP ini tuh normal, tapi masih ada sih kekurangannya yang nanti bakal saya jelaskan, jadi baca sampai tuntas ya guys. 

Untuk layarnya belum berwarna dan lampunya berwarna putih bukan yang berwarna hijau, kemudian menunya ada animasi yang bisa bergerak. Nah dibagian depannya agak kosong, hanya ada indikator baterai yang seharusnya indikator sinyal. Oh iya yang tadi saya bilang kurangnya itu, HP ini ada masalah di imei atau jaringannya mungkin, karena muncul registrasi gagal. Kebetulan saya pilih yang varian sinyal XL dan kata penjualnya hanya bisa menggunakan kartu sim XL, setelah saya coba memang benar kalau menggunakan kartu sim XL bisa keluar sinyalnya, aneh juga ya bisa pilih-pilih kartu sim. 

Lanjut ya, HP ini sebenarnya seperti HP yang benar-benar basic banget karena fungsi paling utamanya yaitu untuk telepon atau sms, btw smsnya bisa ngirim semacam gambar atau clipart loh. Kalau untuk keypadnya cukup empuk, walaupun designnya nyatu tapi dia menonjol, jadi masih enak untuk mengetik tanpa melihat. Tapi untuk tombolnya memang tidak seumum feature phone yang lebih muda karena untuk tombol navigasinya hanya ada atas dan bawah yang letaknya ada dikanan, kemudian yang dikiri adalah tombol power dan kembali atau hapus, sedangkan yang tengah tombol untuk pilih.

Untuk fitur kontak seperti biasa yaitu untuk menyimpan nomor, lalu ada register dan historynya juga. Kemudian untuk nada dering HP ini suaranya masih monophonic, dan untuk ringtonenya juga bikin nostalgia. Untuk bawaannya dikasih 36 ringtone, dan jika ada yang kosong masih bisa kita tambah dengan membuat ringtone sendiri menggunakan yang namanya komposer, bisa eksperimen membuat ringtone yang kita mau. Setelah itu ada fitur profil, lalu HP ini juga bisa untuk jadi alarm atau pengingat, dan ada gamenya juga yaitu Snake 2 biasalah game ular andalan di HP-HP Nokia.

Kemudian ada game Space Impact +, dulu saya pernah mainkan beberapa seri game Space Impact tapi buat yang ini baru pertama kali dan agak lain, karena pesawatnya ada dibawah. Hanya bisa loncat dan kiri kanan, tapi masih bisa nembak kedepan dan keatas. 

Untuk fitur ekstra lainnya ada kalkulator yang masih agak ribet, ada stopwatch, penghitung waktu mundur, ada screen savernya juga, jadi walaupun layarnya belum berwarna tapi masih bisa menggunakan screen saver yang gambarnya bergerak atau cukup penunjuk waktu. Selain itu, walaupun lampu layarnya mati masih tetap kelihatan kayak nyala, berasa fitur always on display seperti di HP-HP kekinian zaman sekarang. 

Lanjut, HP ini juga punya lampu senter, tapi tidak begitu terang, apa karena sudah faktor umur mungkin ya. Memang wajar saja sih, karena HP ini pertama kali rilis sekitar tahun 2003 yang berarti sudah 21 tahun lalu. Tapi untuk produksinya berlangsung hingga tahun 2006, dan saya cek HP ini menggunakan versi sistem 6.64 dimana itu tahun pembuatannya di tahun 2005.

Nokia 1100 memang tercatat menjadi HP paling laris didunia sampai saat ini, dari info yang saya dapat HP ini berhasil terjual sekitar 250 juta unit saat HPnya masih diproduksi. Padahal ketika tahun-tahun itu sebenarnya sudah muncul HP yang lebih canggih dari Nokia 1100 ini, tapi sepertinya HP ini yang menjadi primadonanya. 

Sebenarnya HP ini memang menyasar untuk negara-negara berkembang dan ternyata sukses juga, mungkin karena harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan HP lain pada saat itu. Harganya sekitar 100 USD kalau saya cek, tapi kalau diIndonesia saya kurang tau berapa harganya waktu pertama ada, yang tahu boleh komentar ya. 

Jadi dibalik kesederhanaan dari Nokia 1100 ternyata HP ini banyak peminatnya, karena memang harganya terjangkau pada waktu itu dan kebutuhan HP saat itu paling hanya untuk komunikasi lewat sms atau telepon, ditambah HP ini juga mudah digunakannya tidak seribet HP-HP canggih pada waktu itu. Kalau sekarang kan makin canggih, makin dipermudah juga. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk HP yang tercatat punya penjualan paling laris didunia sampai saat ini atau bisa dibilang terlaris sepanjang masa, yaitu Nokia 1100. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini. 

logoblog

Terimakasih sudah membaca COBAIN HP YANG PALING LARIS DI DUNIA SEPANJANG MASA! - Nokia 1100 . Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar