ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Senin, 08 Juli 2024

FITUR BAWAAN HP JADUL YANG BIKIN NOSTALGIA KARNA UDAH JARANG ADA DI HP TERBARU! - Nokia, Sony, BB

Oleh Aulia Intan pada Senin, 08 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini kita bakal nostalgia dengan beberapa hal atau fitur bawaan yang pernah ada di HP zaman dulu atau HP jadul yang sekarang sudah jarang, bahkan sudah tidak ada di HP-HP kekinian dengan alasan ada pembaruan, lebih canggih, atau memang sudah tidak populer lagi. Jadi baca sampai tuntas ya guys supaya kalian tau nih hal atau fitur apa saja yang ada di HP jadul.

1. Fitur Membuat Nada Dering Sendiri

Fitur yang pertama yaitu fitur membuat nada dering sendiri, kalau di HP jadul biasanya yang kelas-kelas bawah atau yang layarnya masih monocrom ada yang namanya komposer, fungsi komposer tersebut yaitu untuk membuat sebuah nada sendiri sesuai selera kita. Jadi caranya tinggal ditekan-tekan saja angka yang ada dikeypad seperti tangga nadanya, kalau sudah selesai mengatur nadanya tinggal disimpan dan dikasih nama, setelah itu bisa dijadikan nada dering.

Kalau di HP zaman sekarang sebenarnya sudah lebih canggih, bisa bikin musik atau lagu sendiri tapi menggunakan aplikasi pihak ketiga semacam FL Studio, tapi kalau fitur bawaannya setau saya tidak ada kalau di HP kekinian zaman sekarang. 

2. Fitur Menonton TV

Fitur yang kedua yaitu fitur untuk menonton TV, kalau di HP jadul fitur ini sudah ada dari bawaan dan banyaknya di HP-HP merek lokal seperti Nexian, Evercoss, Mito dan lain-lain. Kemudian fitur ini tidak menggunakan kuota data internet, jadi kita bisa menikmati langsung layaknya TV biasa karena sudah ada antenanya juga.

Tapi sayangnya untuk siaran TVnya masih menggunakan analog, sedangkan analog sekarang sudah dihentikan, jadi kalau untuk sekarang sudah tidak bisa lagi fiturnya. Sebenarnya di HP zaman sekarang juga memang masih bisa untuk menonton TV, tapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, pakai kuota internet, siarannya sudah digital, dan belum lagi yang harus bayar langganan.

3. Fitur FM Radio

Fitur yang ketiga yaitu fitur FM Radio, biasanya HP jadul yang sudah lumayan oke pasti ada fitur multimedia dan ada fitur FM Radionya juga. Sesuai namanya, kita bisa mendengarkan radio dan biasanya ada yang harus colok headset sebagai antenanya, ada juga yang tidak harus colok headset. Kalau di HP zaman sekarang, beberapa HP sudah tidak ada fitur FM Radio lagi secara bawaan. Tapi seperti fitur TV, kita juga masih bisa untuk akses radio secara online menggunakan kuota internet atau streaming radio.

4. Fitur LED Indikator atau Lampu Notifikasi

Untuk yang keempat yaitu fitur LED indikator atau lampu notifikasi, pada zaman dulu fitur ini booming banget apalagi waktu zaman-zamannya HP BlackBerry. Jadi ini tuh sebuah lampu yang menandakan adanya notifikasi yang masuk seperti chat, sms, telepon, atau notifikasi dari aplikasi lainnya. Biasanya untuk warna lampunya bisa diatur, mau warna biru, hijau, ungu, putih, atau warna merah. Btw kalau untuk sekarang fitur ini sudah jarang banget ada di HP-HP keluaran baru, karena sekarang setau saya sudah diganti sama yang namanya Always On Display yang lebih informatif juga.

5. Fitur Baterai Bisa Lepas Pasang

Fitur yang kelima yaitu fitur baterai yang mudah dilepas pasang, nah di HP jadul baterainya masih kecil-kecil kapasitasnya, tapi walaupun begitu sudah terasa awet dan kelebihan lainnya yaitu mudah untuk dilepas pasang. Kalau misalkan baterainya rusak atau ingin ganti baterai bisa jadi lebih mudah dan biasanya waktu zaman dulu HP jadul punya baterai cadangan, jadi tidak harus ngecharge karena tinggal diganti saja baterainya. Tapi kalau tidak punya baterai cadangan bisa menggunakan opsi lain yaitu dicharge menggunakan charger kodok dan biasanya cepat hamil baterainya wkwwk.

Kalau HP zaman sekarang sudah menggunakan baterai tanam, jadi agak ribet kalau mau lepas pasang. Tapi kelebihannya bisa lebih tahan lama untuk baterai di HP zaman sekarang, dan sudah umum juga yang namanya power bank untuk daya cadangannya.

6. Fitur Ganti Case Lebih Mudah

Fitur yang keenam yaitu bisa gunta-ganti case dengan mudah, kalau di HP jadul case bawaanya yaitu casing dari body HPnya, jadi bisa kita ganti dengan warna lain, ada gambarnya, bahkan ada yang transparan dan dimodif sampai ada lampu-lampu diskonya. Nah gunta ganti case di HP jadul ternyata lebih mudah bongkarnya, bahkan ada yang dari fitur bawaannya, jadi tidak susah untuk membukanya karena tidak menggunakan obeng-obengan lagi. Kalau di HP zaman sekarang, fungsi case yaitu hanya sebagai pelindung luarnya saja, bukan body dari HPnya yang diganti.  

7. Fitur Kaca di Kamera Belakang

Fitur yang ketujuh yaitu fitur kaca didekat kamera belakang, nah awalnya saya bingung melihat fiturnya untuk apa, tapi setelah saya cari tau ternyata kacanya berfungsi untuk membantu kita saat selfie menggunakan kamera belakang, supaya hasil fotonya bagus. Karena HP jadul jarang ada kamera depannya dan kalau pun ada pasti kualitasnya kurang baik, maka dari itu kaca ini berfungsi banget untuk membantu mengatur posisi kita supaya pas ketika difoto. Kalau di HP zaman sekarang sudah otomatis menggunakan kamera depan kalau mau selfie dan kameranya juga sudah bagus-bagus, apalagi kalau sudah menggunakan filter.

8. Fitur RBT

Fitur yang kedelapan yaitu fitur RBT, di HP jadul ada yang namanya Ring Back Tone atau RBT yaitu sebuah  layanan berbayar dari operator untuk pengganti nada sambung standar ketika ada yang nelepon. Jadi kalau misalnya kita berlangganan RBT, nanti yang nelepon kita bunyinya bukan tuutt, tuut, tapi menggunakan nada sesuai RBT yang kita beli, kebanyakan sih RBT nya lagu. 

Nah fitur ini dimanfaatkan untuk yang mempunyai HP tapi tidak ada fitur multimedianya, jadi dia sengaja telepon orang yang menggunakan RBT, lalu menyuruh orangnya supaya tidak angkat teleponnya, soalnya dia hanya ingi mendengarkan lagunya saja. Sebenarnya ini bukan fitur bawaan dari HPnya, melainkan layanan dari operator yang memang populer banget di HP jadul. Tapi kalau sekarang sepertinya sudah jarang banget yang menggunakan, apa sudah tidak ada mungkin ya.

9. Fitur Keyboard Slide

Fitur yang kesembilan yaitu fitur keyboard slide, jadi maksudnya pada zaman dulu banyak model HP dengan model slide yang biasanya untuk menyembunyikan tombol atau keyboard, dan biasanya ada di HP jadul touchscreen. Kalau zaman dulu kan belum terbiasa full touchscreen, maka dari itu disediakan slide yang isinya keypad atau keyboard untuk mengetik supaya lebih nyaman atau ada juga yang sudah punya keypad kelihatan, tapi masih ada slide yang isinya keypad qwerty.

Kalau untuk sekarang sudah jarang ada HP yang masih mempunyai slide untuk menyediakan keyboard tambahan karena memang rawan juga kalau yang modelan slide, karena fleksibelnya bisa gampang rusak yang bisa saja merembet ke komponen lain, dan HP-HP sekarang juga kebanyakan orang yang pakai sudah terbiasa menggunakan virtual keyboard yang ada dilayar.

Nah beberapa tadi merupakan fitur atau hal-hal bawaan dari HP jadul yang bikin kita bernostalgia, karena sekarang sudah jarang banget bahkan tidak ada di HP-HP kekinian. Kalau menurut kamu fitur mana nih yang berkesan atau ada tambahan yang lainnya? kasih tau dikomentar ya!


Oke jadi itulah beberapa hal atau fitur bawaan di HP jadul yang pernah ada dan bikin kangen juga. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca FITUR BAWAAN HP JADUL YANG BIKIN NOSTALGIA KARNA UDAH JARANG ADA DI HP TERBARU! - Nokia, Sony, BB. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar