ErDev Blog

Bereksperimen dengan Smartphone, Gadget, dan Teknologi.

Sabtu, 06 Juli 2024

TABLET ANDROID 4G MURAH YANG SEMAKIN MURAH CUMA 300 RIBUAN! - SPC L70 Stream di Tahun 2024

Oleh Aulia Intan pada Sabtu, 06 Juli 2024


Yoo Haloo…

Kali ini saya akan membahas Tablet murah lagi dengan spek yang lumayan dan jaringannya sudah 4G, Tablet yang akan saya bahas yaitu SPC L70 Stream. Btw saya beli produk ini lewat Shopink dengan harga sekarang yaitu sekitar 300 ribuan saja, dan untuk kondisi dari Tablet ini kata penjualnya baru tapi sudah dibuka untuk pengecekan karena Tablet ini seperti barang stok lama.

Untuk kelengkapannya saya mendapatkan unit tablet berwarna dark grey, kartu garansi dari SPC Mobile, dapat kabel data yang micro usb, earphone, dan kabel otg. Kemudian masih dapat adaptor atau charger dengan output 5V-1,5A dan terakhir dapat buku petunjuk penggunaannya.

Lanjut saya akan jelaskan bentuk dari Tablet ini, untuk dibagian depan ada layar 7inch yang sudah dipasang pelindung, lalu diatasnya ada kamera 5MP dan earpiece, kalau dibawahnya kosong. Kemudian untuk dibagian sisi kanan ada tombol pengatur volume, tombol power, dan lubang untuk reset, sedangkan dibagian sisi kirinya kosong. Kalau dibagian sisi bawah hanya ada microphone, sedangkan kalau dibagian sisi atas ada lubang micro usb dan jack audio. 

Untuk dibagian belakang ada kamera 5MP, lampu flash, tulisan SPC 4G stream, keterangan imei, dan lubang speaker. Oh iya back covernya masih bisa dibuka dan didalamnya terdapat slot untuk mini sim 1 dan sim 2 yang modelnya numpuk dan ada slot micro sd. Menurut saya untuk design nya biasa saja ala-ala Tablet zaman dulu, bahan bodynya plastik tapi kalau untuk back cover bahannya mate dan ada tekstur garis-garisnya.

Setelah saya cek ke setting about phone, untuk versi Android yang dipakai yaitu 6.0 atau Android marshmellow dengan patch keamanan 1 September 2016. Untuk memori internal yang sudah terpakai sekitar 1GB dari total 8GB, wah hemat juga ya. Sedangkan untuk RAMnya sudah terpakai sekitar 587MB dari total 0,89GB atau kita anggap 1GB lah ya, dan sisanya sekitar 328MB. Kalau untuk aplikasinya memang termasuk sedikit karena google saja tidak membawa banyak rombongan, memang masih ada aplikasi bawaan SPC atau pihak ketiganya, tapi masih ada yang bisa diuninstall juga. 

SPC L70 Stream kalau dari infonya, dirilis sekitar tahun 2018 dengan harga kisaran 800 ribuan, jadi memang masih termasuk Tablet murah, apalagi sekarang makin murah dengan harga 300 ribuan saja. Untuk spesifikasinya Tablet ini menggunakan Spreadtrum SC9830, Quadcore 1,3Ghz, RAMnya 1GB, internal 8GB, GPUnya Mali-400MP, layarnya 7inch, jaringan 4G, baterai 2000mAh, dan menggunakan OS Android 6.0 marshmellow.

Dengan spek seperti itu mungkin termasuk okelah untuk Tablet dengan harga 300 ribuan, tapi kalau ngomongin secara penggunaannya tetap sesuai harga. Untuk performanya memang agak kewalahan menjalankan Android marshmellow di RAM 1GB atau spek yang mepet, UInya memang menggunakan stok, tapi dalam optimalisasinya memang masih kurang untuk hardware di Tablet ini.

Saya sudah coba benchmark menggunakan antutu v9.2.2 hanya dapat skor 22 ribuan, kalai untuk storagenya punya kecepatan read 64 dan write 7,8 MB/s, lemot cuy. Untuk multitouch nya hanya bisa sampai 5 sentuhan sekaligus, dan untuk sensornya pun seadanya saja. Secara fitur tidak begitu spesial juga, untuk gesture double tap to wake ada, untuk fitur otg nya sudah saya coba colok flashdisk juga bisa, dan aplikasinya juga masih bisa dipindahkan ke memori external walaupun tidak semua aplikasi support, kemudian selebihnya masih biasa saja.

Untuk buka tutup aplikasi atau multitaskingnya butuh mikir karena agak lemot, tapi kalau untuk aplikasi seperti whatsApp, facebook, instagram, tiktok, bahkan youtube masih support, tapi saran saya mending pakai yang versi lite kalau ada supaya tidak terlalu berat-berat banget. Kalau misalnya kepikiran untuk main game sebenarnya jangan terlalu berharap, kecuali memang game-game ringan macam game onet atau pou.

Tapi balik lagi namanya juga Tablet lama, murah dan sekarang makin murah walaupun dengan embel-embel masih baru, tetap ada harga ada rupa. Tapi tidak tau kenapa ada hal yang kurang wajar saja menurut saya, walaupun Tablet ini murah, seperti dari layarnya yang memang dari bawaan sudah kurang bagus kayak terlalu reflektif, pucat dan sudut pandangnya kurang. Kemudian untuk jaringannya memang 4G, tapi sepertinya hanya bisa menggunakan kartu telkomsel atau kartu byu saja, soalnya ketika saya coba menggunakan kartu tri tidak muncul sinyalnya.

Selain itu, untuk wifinya ternyata tidak berfungsi di varian yang saya pilih ini karena tidak bisa sama sekali dinyalakan, jadi untuk internetan hanya bisa dari paket data kartunya saja tidak bisa menggunakan wifi, begitu juga dengan bluetoothnya sama saja tidak bisa digunakan. Jadi kalau yang tadinya kepikiran Tablet ini mau dijadikan hotspot, pupus sudah harapan kalian karena tidak akan bisa. Kecuali dijadikan modem PC menggunakan kabel bisa, karena ada pilihannya di tablet ini. Kemudian untuk baterainya menurut saya masih tergolong normal untuk kapasitas yang memang kecil, jadi ya baterainya juga tidak bertahan lama. Btw screen on time pemakaian saya paling hanya dapat sekitar 2 jam saja.

Namanya juga barang lama dan murah jadi tidak bisa minta lebih dan untung-untungan, tapi kali ini saya kayaknya agak kurang beruntung deh. Btw menurut saya kalau memang cari Tablet murah tapi yang lebih lumayan dari ini, mending ambil SPC L80s, lebih rekomen yang itu. Speknya lebih tinggi, performa lebih mantap dengan harga sekitar 800 ribuan dan kondisinya yang benar-benar baru. 


Oke jadi itulah pembahasan untuk Tablet murah 4G, yaitu SPC L70 Stream. Kalau ada pertanyaan atau info tambahan, silahkan komentar ya. Jika masih belum puas membaca artikel ini, silahkan nonton video unboxing dan reviewnya dibawah ini.

logoblog

Terimakasih sudah membaca TABLET ANDROID 4G MURAH YANG SEMAKIN MURAH CUMA 300 RIBUAN! - SPC L70 Stream di Tahun 2024. Silahkan bagikan artikel ini melalui:

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar